Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Minggu, 28 April 2019

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

s.id/arifnasdianto

Satu hari yang lalu saya menyinggung masalah _transaksional comunication_ dalam  tubuh IPI. Dalam beberapa literatur managemen organisasi dikatakan komunikasi merupakan hal penting untuk membangun organisasi.  Ada beberapa komunikasi organisasi untuk kelangsungan  efektifitas  dan efisiensi organisasi, antara lain:
_1. Action_
_2. Interaction_
_3. Transaction_
Masing masing komunikasi di atas memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Hal menarik dalam perjalanan organisasi apapun. Sebuah komunikasi dipilih untuk menjembatani kebuntuan permasalahan  organisasi.

IPI sebuah organisasi harus dapat menginplementasikan komunikasi kepada anggota secara cepat dan faktual. Hal inilah yang harus kita sadari dalam perkembangan era digital. Oleh karenanya tentu legitimasi era digital harus dapat disyahkan sebagai informasi aksi, transaksi maupun transaksional.

Lemahnya sebuah organisasi dalan kimunikasi biasanya belum menyepakati era digital sebagai komunikasi yang legitimate. Dan masing masing anggota memiliki persepsi yang berbeda.
Untuk itu peran para ketua baik dalam level pusat sampai ke level kabupaten harus memberikan aksi penuh dengan ketegasan melalui beberapa peraturan yang disepakati bersama.
By arifnasdianto