Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Rabu, 27 September 2023

PENTINGNYA MELIBATKAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM GERAKAN TRANSISI PAUD - SD

 Rona Eveliner Sianipar

 Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat



Transisi PAUD ke SD adalah proses di mana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD, menjadi peserta didik SD. Transisi ini merupakan perubahan penting bagi anak-anak dan keluarga mereka, karena mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan, identitas sosial, jaringan sosial, dan metode belajar mengajar yang baru. Oleh karena itu, transisi ini harus dilakukan dengan persiapan yang tepat, pendidikan yang menyenangkan, dukungan keluarga, dan komunikasi terbuka antara sekolah dan keluarga.

Sebagai wujud tindak lanjut dari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan sebuah program untuk mendukung proses transisi ini dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada 28 Maret 2023. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk meluruskan miskonsepsi tentang kemampuan Calistung siswa masuk SD, dan juga menitikberatkan pentingnya membangun kemampuan fondasi pada anak secara bertahap demi efektif dan optimalnya proses pembelajaran.

Adapun dalam kegiatan transisi PAUD-SD kita perlu melibatkan orang tua yaitu  Orang tua dapat melakukan beberapa hal untuk membantu anak-anak mereka mengatasi transisi dari PAUD ke SD.  Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dianataranya adalah:

a.    Berbicara dengan anak-anak tentang apa yang diharapkan dan apa yang akan mereka temukan di SD. Hal ini membantu anak-anak untuk merasa lebih siap dan percaya diri saat masuk ke SD.

b.      Mengunjungi sekolah dengan anak-anak sebelum dimulainya tahun ajaran baru, sehingga anak-anak dapat merasa lebih akrab dengan lingkungan sekolah.

c.      Mendukung anak-anak secara emosional dan membantu mereka menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Berbicara dengan anak-anak tentang pengalaman mereka di SD dan memberikan pujian dan dorongan positif.

d.     Berkomunikasi dengan pihak sekolah secara terbuka dan transparan. Meminta informasi tentang apa yang diharapkan dari anak-anak dan bagaimana sekolah dapat membantu anak-anak untuk belajar di SD.

 

Kemudian untuk satuan pendidikan dalam mendukung program Transisi PAUD – SD  yaitu sekolah dapat melakukan beberapa hal untuk membantu anak-anak mengatasi transisi dari PAUD ke SD. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

a.    Menyediakan program yang kreatif dan menarik, serta mendorong partisipasi aktif anak-anak. Program seperti ini cenderung lebih berhasil dalam membantu anak-anak menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka.

b.   Menyediakan bahan modul ajar yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik anak-anak. Bahan modul ajar ini dapat membantu anak-anak untuk belajar secara mandiri dan bersama-sama dengan teman-teman mereka.

c.    Menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai dan aman untuk anak-anak. Fasilitas dan sarana prasarana ini dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak.