b. Bagi Kepala Satuan Pendidikan, dapat memperoleh
potret mutu satuan pendidikan secara utuh dari input, proses dan hasil, guna
peningkatan hasil mutu pendidikan.
c. Bagi Guru, dapat mengetahui berbagai aspek pendukung
suasana lingkungan belajar yang lebih komprehensif.
d. Bagi Murid, dapat memperoleh informasi rapor dan
profil satuan pendidikan.
e. Bagi Pihak Pendamping, dapat memudahkan proses
pendampingan bagi satuan PAUD berdasarkan hasil pemetaan Sulingjar.
a. Kualitas Pembelajaran, yang mengukur sejauh mana proses pembelajaran
di kelas dapat memfasilitasi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan.
b. Praktik
Perbaikan Pembelajaran oleh Guru, yang mengukur sejauh mana guru melakukan refleksi dan perbaikan terhadap proses
pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Kepemimpinan Instruksional, yang mengukur sejauh mana kepala
satuan pendidikan memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
d. Iklim Keamanan di Sekolah, yang mengukur sejauh mana satuan
pendidikan memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi peserta didik, guru, dan
staf dalam menjalankan aktivitas belajar mengajar.
e. Iklim Kebinekaan di Sekolah, yang mengukur sejauh mana satuan pendidikan menghargai dan mengakomodasi keragaman budaya, agama, etnis, dan
gender di lingkungan sekolah.
f. Dukungan atas Kesetaraan Gender, yang mengukur sejauh mana satuan
pendidikan memberikan kesempatan dan perlakuan yang adil bagi peserta didik,
guru, dan staf tanpa membedakan jenis kelamin.
g. Iklim Inklusivitas, yang mengukur sejauh mana satuan pendidikan
memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi peserta
didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus.
h. Dukungan
Partisipasi Orang Tua dan Peserta Didik,
yang mengukur sejauh mana satuan pendidikan melibatkan orang tua dan peserta
didik dalam proses pengambilan keputusan dan perencanaan pembelajaran.
i. Latar Belakang
Sosial-Ekonomi Peserta Didik,
yang mengukur sejauh mana kondisi sosial-ekonomi peserta didik berpengaruh
terhadap akses dan kualitas layanan pendidikan yang diterima.