Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Jumat, 15 Februari 2019

STRUKTUR ORGANISASI DALAM JABATAN



By arifnasdianto


Sebuah organisasi profesi akan efektif segala kegiatannya jika seluruh anggota memahami peran dan tugasnya sesuai standar operasional organisasi.  Salah satu bentuk yang harus disiapkan oleh kita adalah  struktur organisasi, karena struktur organisasi membantu anggota untuk  memahami apa peran mereka di dalam organisasi  dan tahu parner dan struktur di atasnya. Struktur organisasi yang kuat membuat organisasi kita berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan rencana kerja. 


Fungsi  struktur organisasi 

1. Sruktur organisasi adalah untuk memberikan rantai komando yang jelas guna menentukan anggota untuk berkoordinasi dan laporan kepada ketua seksi/ bidangnya. Kita sering melihat Banyak sebuah organisasi menerapkan beberapa level manajemen, di mana  anggota melapor kepada ketua seksi kemudian ketua seksi melapor kepada Ketua Bidang. Para Ketua Bidang melaporkan langsung kepada Wakil ketua atau ketua 1, ketua 2 dan atau ketua 3 selanjutnya para wakil ketua melaporkan kepada ketua atau Ketua Umum. Dalam struktur ini akan jelas menunjukkan siapa yang melakukan evaluasi kinerja untuk anggotanya.

2.   Struktur organisasi membantu mendefinisikan ada sistim koordinasi dan kerja sama secara erat antar seksi atau bidang dalam sebuah tim. Tim tim  ini dapat diatur berdasarkan seksi atau bidang, seperti bidang keorganisasian ,bidang diklat dan atau berdasarkan wilayah tugas.  Adanya struktur organisasi memudahkan visi misi dan tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik. Sehingga membantu   menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan organisasi.

3.    Struktur membantu mendefinisikan dengan tepat siapa pembuat keputusan.

4.   Anggota  terdorong oleh kesempatan untuk maju dalam organisasi untuk lebih banyak tanggung jawab dan reaktivitas yang lebih tinggi. Struktur organisasi menyediakan peluang kemajuan pada posisi  lebih tinggi dan pemahaman yang jelas tentang apa yang bertanggung jawab atas posisi tersebut. Struktur yang berhasil memberikan tugas pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca