Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Jumat, 19 April 2019

MODERNISASI PENDIDIKAN NON FORMAL DI ERA TEKNOLOGI AWAN


By arifnasdianto

Komponen kunci sesuatu hal menjadi modern adalah praktis, automatic, fleksibelitas, komputerisasi dan mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman. Komponen ini sebenarnya sudah lama menyelimuti konsep Pendidikan Luar Sekolah (Nonformal Education)

Pendidikan Nonformal bukan sebuah pendidikan yg memiliki perisai tanpa tembus dan tidak bisa diwarnai tetapi pendidikan ini sebenarnya sebuah jalur pendidikan yang sangat modern.
Karena pada dasarnya pendidikan nonformal atau out of school education merupakan pendidikan berbasis masyarakat, artinya jalur pendidikan ini sangat fleksibel, praktis, automaticly, need assesment. Sedangkan komputerisasi merupakan sarana kekinian dalam pelesatan mengantar menuju pendidikan modern.

Fleksibelitas pendidikan nonformal tentunya menganut dasar dasar kebijakan baik dari masyarakat sendiri maupun yang dikeluarkan dari pemerinrah. Maksud dari fleksibelitas pendidikan nonformal ini tentunya memiliki ukuran dan standar. Contohnya ketika kita akan menyelenggarakan kelompok belajar paket B tentunya ada standar saat ini yang harus ada dan diikuti oleh penyelenggara.

Praktis di sini karena pendidikan nonformal merupakan pendidikan sebagai bahan ajar yang patut diterapkan dalam kehidupan, sehingga pendidik bertugas menanamkan sistem-sistem norma tingkah laku manusia yang dibanggaakan, dihormati dan dijunjung tinggi.(pendidikan karakter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca