Ucu Jamilah
Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat
Strategi implementasi gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:
1. Mengikutsertakan TP PKK, Penilik, Pengawas TK dan
SD, Staft Paud Dikmas dalam kegiatan bimtek, diklat, webinar dan seminar
tentang Gerakan Transisi PAUD-SD yang diselenggarakan oleh kemendikbudristek
maupun dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.
2. Membentuk Tim Forum Komunikasi Gerakan Transisi
PAUD-SD yang menyenangkan tingkat kota maupun tingkat kecamatan.
3. Menyusun RTL kegiatan Gerakan Transisi PAUD-SD yang
menyenangkan.
4. Melakukan sosialisasi dan advokasi kepada semua pemangku kepentingan,
termasuk guru, orang tua, dan masyarakat, tentang pentingnya gerakan transisi
PAUD-SD yang menyenangkan dan dampak positifnya bagi perkembangan anak.
5. Mengembangkan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan rambu-rambu
asesmen awal yang ada di Transisi PAUD
ke SD yang Menyenangkan. Alat bantu pembelajaran ini dapat berupa
buku panduan, modul, video, poster, leaflet, atau media lain yang dapat
membantu guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
menyenangkan, membangun kemampuan fondasi, dan tidak ada tes.
6. Melakukan pelatihan dan bimbingan atau Advokasi kepada guru PAUD dan SD di tingkat Kota Jakarta Pusat tentang cara
menggunakan alat bantu pembelajaran dan melakukan kegiatan pembelajaran yang
menyenangkan, membangun kemampuan fondasi, dan tidak ada tes. Pelatihan dan
bimbingan ini masing perwakilan dKecamatan 6 orang, 3 guru SD, 3 guru PAUD.
Kegiatan ini dilakukan secara luring Tempat kegiatan , untuk Sudin Pendidikan
Wilayah 1 di aula Sudin Pendidikan Wilayah 1 sedangkan Sudin Pendidikan Wilayah
2 bertempat di P4 (Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan ) dengan
melibatkan fasilitator dari Penilik, Pengawas yang telah dilatih, Dinas
Pendidikan, atau lembaga lain yang kompeten.
7.
Melaksanakan kegiatan
pengimbasan diseminasi Gerakan Transisi PAUD-SD tingkat kota ke tingkat kecamatan
se Jakarta Pusat.
8. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan gerakan transisi
PAUD - SD yang menyenangkan di setiap satuan pendidikan. Monitoring dan evaluasi
ini dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan oleh BPMP
Kemendikbudristek, seperti kuesioner, observasi, wawancara, atau metode lain
yang relevan. Hasil monitoring dan evaluasi ini dapat digunakan sebagai bahan
masukan untuk perbaikan dan pengembangan gerakan transisi PAUD-SD yang
menyenangkan di masa mendatang.
9. Melaksanakan Kegiatan
Bunda PAUD Mengajar di 8 kecamatan se Kota Administrasi Jakarta Pusat dan
ditingkat kelurahan. Kegiatan Bunda PAUD Mengajar adalah salah satu moda
dalam memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Karena pembelajaran yang
menyenangkan tidak harus menggunakan media digital yang modern, bahan ajar yang
bagus tetapi peran bunda mengajar sebagai ikon model yang menjadikan suasana
lain yang menambah semangat belajar menyenangkan bagi anak dan menjadi
termotivasi bagi guru-gurunya untuk mengajar lebih baik lagi.