Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Selasa, 11 Februari 2020

INSTRUMEN PEMANTAUAN DAN PENILAIAN

Bisakah instrumen dipakai berulang ulang ?

by arifnasdianto

Intinya dlm melakukan pengendalian mutu program paud dikmas yg profesional, Instrumen sebenarnya tidak harus buat sendiri oleh seorang penilik sendiri dlm pelaksanaan pengendalian. Tetapi harus jujur instrumen tersebut dibuat oleh penilik lain sebagai senjata dalam melakukan pemantauan dan penilaian dlm rangka sejauh mana kualitas pendidikan di lapangan. Selanjutnya Instrumen tersebut tidak bisa dihitung dalam hasil kerja penilik dan tidak boleh dimasukan dlm perumusan penghitungan DUPAK.

Kita dapat juga mengadopsi instrumen dari BAN sebagai acuan rambu rambu 8 standar pendidikan hal ini penting, mengingat terakreditasinya satuan pendidikan adalah acuan keberhasilan penilik dlm meningkatkan kualitas pendidikan dlm binaannya

Hemat saya instrumen dlm satu tahun 8 standar tuntas dilakukan walau tekniknya bertahap. Misal : triwulan 1 kita hanya 2 standar yakni kelulusan/tingkat perkebangan anak dan isi. Artinya pada triwulan itu kita benar benar mengendalikan 2 standart . Sampai kita sebagai penilik tahu betul _*deviasinya*_. Nah deviasi itu nanti sebagai materi dlm rangka melakukan pembinaan atau pembimbibgan. Dan seterusnya...kegiatan itu akan berulang ulang pada tri wulan 2,3 dan 4.

Kemudian Hasil dari pengendalian mutu program selama 4 triwulan, bisa dijadikan bahan atau kesimpulan 8 standar pendidikan terhadap lembaga binaan yang ke depan sebagai laporan tahunan.

Banyak penilik melakukan pengendalian mutu program siklusnya 12 bulan. Menurut saya siklus pengendalian yg paling efektif adalah 3 bulan. Dan kita tidak capai berpikir. 

Jika instrumen itu sudah teruji dgn valid dan reabilitas dapat menghasilkan lembaga terakreditasi, selama peraturan belum dirubah. pakailah intrumen itu berulang ulang tidak menjadi masalah .intinya ibstrumen itu harus valid dan memiliki reabilitas yg tinggi.

_realise hasil komunikasi yang bermanfaat, 5 Januari 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca