Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Minggu, 16 Februari 2020

Pendekatan Customer Relationship Dalam Meningkatkan Pembinaan


By Arif nasdianto

Sebagai penilik, mungkin sering mendengar istilah CRM atau Customer Relationship Management. CRM adalah sebuah pendekatan dalam mengelola hubungan pembina (sebut saja penilik) dengan lembaga binaan atau PTK untuk transaksional sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pembinaan /pembimbingan melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan lembaga binaan diberikan wawasan dan umpan balik yang saling bermanfaat.

CRM (Customer Relationship Management) mengombinasikan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan untuk penilik menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan lembaga binaan sebagai pelanggan konsultasi dan juga untuk menelusuri informasi lembaga binaan (satuan pendidikan) Saat ini, implementasi CRM gaya saat ini dapat menggunakan WhatsApp yang langsung dikomunikasikan dengan penilik.


Tujuan CRM dalam Pembinaan

a. Meningkatkan hubungan antara penilik dengan satuan pendidikan yang sudah ada untuk meningkatkan mutu pendidikan

b. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai satuan pendidikan untuk memaksimalkan jalinan hubungan penilik dengan satdik melalui cross komunikasi sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan cara mengidentifikasi, menarik kebutuhan serta mempertahankan satdik dalam kelayakan penyelenggaraan dan pengelolaan.

c. Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang memuaskan dengan memanfaatkan informasi satdik untuk memenuhi kebutuhan satdik sehingga dapat menghemat waktu.

d. Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses menyalurkan jawaban dari penilik kepada satdik sebagai lembaga binaan. Revisi Des 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca