Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Minggu, 30 Desember 2018

EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN ORGANISASI


By arifNasdianto


Sebelum membahas lebih jauh maka perlu diuraikan lebih dahulu tentang Kepemimpinan organisasi . Kepimpinan organisasi merupakan penggabungan strategi manajemen dengan penerapan psikologi manusia untuk menciptakan budaya organisasi yang positif dalam rangka menuju pengembangan organisasi.



Pemimpin organisasi yang hebat tentunya siap dengan solusi di saat perubahan dan krisis yang tidak terduga. Ketika masalah muncul, pemimpin yang baik tidak bereaksi secara emosional Tetapi mereka mengambil waktu untuk mengevaluasi situasi. Mereka memandang perubahan sebagai peluang, dan siap memimpin tim dengan bijak dan anggun ke arah baru.

Ada beberapa Tips menjadi pemimpin organisasi yang efektif:

Pertama dimulai dengan kita sendiri. Sebelum Anda bisa memimpin orang lain, Anda harus memimpin diri sendiri. Ini berarti Anda harus mengenal diri sendiri, motivasi Anda, kinerja anda dan dapat berperan sebagai panutan. Menjadi pemimpin organisasi yang efektif berarti memiliki kemampuan untuk mengevaluasi diri Anda sebagai seorang pemimpin, dan kemauan untuk melakukan perubahan ketika diperlukan.

Kedua , Pertanggungjawaban dan keterbukaan terhadap Anggota organisasi  : Diperlukan kecerdasan emosi tingkat tinggi karena anggota adalah orang pertama dan terpenting. Seorang pemimpin yang efektif menciptakan budaya organisasi di mana orang tahu mereka dihargai, didengar, diberdayakan dan didorong.Budaya organisasi yang kuat diciptakan tidak hanya melalui pekerjaan, tetapi juga ikatan sebagai manusia. Para pemimpin yang baik merencanakan kegiatan pembangunan tim dan perayaan kesuksesan dan tonggak organisasi seperti ulang tahun atau peringatan hari ulang tahun organisasi.

Ketiga Masalah Komunikasi : Pemimpin organisasi yang efektif menciptakan budaya organisasi di mana komunikasi terbuka dihargai dan didorong. Semua Anggota perlu tahu bahwa mereka dapat berbicara dengan bebas, dan para pemimpin harus mencapai keseimbangan antara mengetahui apa yang sedang terjadi dalam tim, sementara tidak menggunakan manajemen mikro.

Keempat, Pengembangan Organisasi: Seorang pemimpin yang baik juga seorang mentor yang baik. Seorang pemimpin organisasi yang kuat tahu bagaimana membujuk kinerja terbaik dari setiap individu/anggota dalam tim, dan membebaskan pada anggota untukmelakukan pengembangan pribadi dan profesional individu mereka. Misalnya melalui diklat , seminar , workshop dan lain lain.  Anggota atau tim yang baik menghasilkan produk dan layanan yang baik, sehingga pemimpin yang baik memastikan anggota yang tepat berada di posisi yang tepat untuk kebutuhan organisasi.

Kelima, Strategi Organisasi Modern: Sementara kepedulian terhadap pemimpin organisasi sebagian besar adalah dari anggota organisasi, itu juga membutuhkan pemahaman tentang bagaimana kepemimpinan yang efektif mempengaruhi implementasi dan pengembangan strategi organisasi. Berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah adalah aspek penting dari pemimpin organisasi yang kuat. Para pemimpin harus siap untuk mengantisipasi kebutuhan organisasi di masa depan untuk memenuhi tujuan.

Keenam , Menerima Perubahan dan Krisis dalam organisasi : Pemimpin organisasi yang hebat siap dengan solusi di saat perubahan dan krisis yang tidak terduga. Ketika masalah muncul, pemimpin yang baik tidak bereaksi secara emosional. Tetapi sebagai gantinya, mereka mengambil waktu untuk mengevaluasi situasi. Mereka memandang perubahan sebagai peluang, dan siap memimpin tim dengan bijajk dan anggun ke arah baru.