Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Minggu, 08 Oktober 2023

PERANAN PENILIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH PAUD, PKBM DAN LKP

 by Arif Nasdianto

Penilik adalah tenaga kependidikan sebagai pelaksana teknis fungsional dengan tugas utama melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) berkedudukan di Dinas Pendiidkan Kabupaten/Kota.

Keberadaan penilik sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) . Penilik dapat membantu kepala sekolah dalam menjalankan peran sebagai educator, manager, administrator, supervisor, motivator, inovator dan leader dengan melakukan pengawasan dan memberikan masukan kepada kepala sekolah. Selain itu, penilik juga dapat membantu guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja guru dan kepala sekolah PAUD, Kepala PKBM , maupun Kepala Lembaga Kursus. 

Adapun Penilik juga memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi kerja guru dan kepala sekolah PAUD, Kepala PKBM , maupun Kepala Lembaga Kursus. . Menurut penelitian yang dilakukan oleh ¹, kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dengan melakukan perannya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, motivator, inovator dan leader. Penilik dapat membantu kepala sekolah dalam menjalankan peran tersebut dengan melakukan pengawasan dan memberikan masukan kepada kepala sekolah. Selain itu, penilik juga dapat membantu guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja guru dan kepala sekolah PAUD ². Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Motivasi Kerja

Motivasi kerja adalah kekuatan dalam diri yang dapat membangkitkan, mengarahkan dan mempengaruhi seseorang untuk memiliki intensitas dan ketekunan perilaku sukarela dalam melakukan suatu pekerjaan. Motivasi kerja merupakan sekumpulan kekuatan atau energi baik dari dalam maupun di luar pekerjaan, dimulai dari usaha yang berkaitan dengan pekerjaan, mempertimbangkan arah, intensitas dan ketekunannya.

Motivasi kerja merupakan suatu dorongan secara psikologis kepada seseorang yang menentukan arah dari perilaku (direction of behavior) dalam organisasi, tingkat usaha (level of effort) dan tingkat kegigihan atau ketahanan di dalam menghadapi suatu halangan atau masalah (level of persistence). Motivasi kerja adalah penggerak atau pendorong dalam diri seseorang untuk mau berperilaku dan bekerja dengan giat dan baik sesuai dengan tugas dan kewajiban yang telah diberikan kepadanya.

Berikut definisi dan pengertian motivasi kerja dari beberapa sumber buku:

1.     Menurut  Uno  (2012),   motivasi   kerja   adalah    kekuatan    dalam   diri   orang yang mempengaruhi arah, intensitas  dan  ketekunan perilaku sukarela seseorang untuk melakukan pekerjaan. 

2.  Menurut   Wibowo  (2014),   motivasi    kerja adalah proses psikologis yang membangkitkan, mengarahkan dan ketekunan dalam melakukan tindakan secara sukarela yang diarahkan pada pencapaian tujuan. 

3.    Menurut Miftahun dan Sugiyanto (2010), motivasi kerja adalah suatu usaha yang dapat menimbulkan suatu perilaku, mengarahkan perilaku, dan memelihara atau mempertahankan perilaku yang sesuai dengan lingkungan kerja dalam organisasi. 

4.     Menurut Robbins dan Judge (2013), motivasi kerja adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah tujuan-tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya tersebut untuk memenuhi suatu kebutuhan individu. 

5.     Menurut  Pinder  (2013),  motivasi kerja  adalah seperangkat kekuatan baik yang berasal dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang yang mendorong untuk memulai berperilaku kerja, sesuai dengan format, arah, intensitas dan jangka waktu tertentu.

 Jenis-jenis Motivasi Kerja 

Menurut Hasibuan (2013), terdapat dua jenis motivasi kerja, yaitu: 

1.   Motivasi positif. Dalam motivasi positif pimpinan memotivasi (merangsang) bawahan dengan memberikan hadiah kepada mereka yang berprestasi di atas prestasi standar, dengan motivasi positif ini semangat kerja bawahan akan meningkat. Insentif yang diberikan kepada karyawan di atas standar dapat berupa uang, fasilitas, barang, dan lain-lain.

2.  Motivasi negatif. Dalam motivasi negatif, pimpinan memotivasi dengan memberikan hukuman bagi mereka yang bekerja di bawah standar yang ditentukan. Dengan motivasi negatif semangat bawahan dalam jangka waktu pendek akan meningkat karena takut dihukum, tetapi untuk jangka waktu yang panjang dapat berakibat kurang baik.

Menurut Wibiasuri (2014), terdapat tiga jenis bentuk motivasi kerja, yaitu: 

1.      Materiil insentif. Alat motivasi yang diberikan itu berupa uang atau barang yang memiliki nilai pasar, jadi memberikan kebutuhan ekonomis. Misal: kendaraan, rumah dan lain-lainnya. 

2.  Non-materiil insentif. Alat motivasi yang diberikan berupa barang/benda yang tidak ternilai, jadi hanya memberikan kepuasan/kebanggaan rohani saja, Misalnya: medali, piagam, bintang jasa dan lain-lainnya. 

3.   Kombinasi materiil dan non materiil insentif. Alat motivasi yang diberikan itu berupa materiil (uang atau barang) dan non materiil /medali dan piagam) jadi memenuhi kebutuhan ekonomis dan kepuasan/kebanggaan rohani.

Aspek-aspek Motivasi Kerja 

Menurut Winardi (2001), terdapat tiga aspek utama yang menjadi pendorong motivasi kerja seorang karyawan, yaitu: 

1. Keinginan, ketika seseorang memiliki keinginan maka motivasinya terpacu untuk melakukan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai yang diinginkannya. 

2. Kebutuhan, seseorang memiliki motivasi yang tinggi bila seseorang butuh. Ketika seseorang membutuhkan sesuatu misalnya gaji, kompensasi maka pekerjaan akan terpacu untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. 

3.   Rasa aman, seseorang  akan  berusaha  melakukan  sesuatu juga disebabkan ketakutan saat orang tersebut tidak melakukan sesuatu sehingga alasan motivasi muncul karena ketika seseorang melakukan sesuatu dirinya merasa aman.

Sedangkan Menurut Munandar (2001), aspek-aspek motivasi kerja adalah sebagai berikut:

1.    Adanya kedisiplinan dari karyawan 

Yaitu, sikap tingkah laku atau perbuatan pada karyawan untuk melakukan aktivitas-aktivitas kerja yang sesuai dengan pola-pola tertentu. Keputusan-keputusan dan norma-norma yang telah ditetapkan dan disetujui bersama baik tulis maupun lisan serta sanggup menerima sanksi bila melanggar tugas dan wewenang yang diberikan.

2.    Imajinasi yang tinggi dan daya kombinasi 

Membuat hasil kerja dan kombinasi ide-ide atau gambaran disusun secara lebih teliti atau inisiatif sendiri bukan ditiru dan bersifat konstruktif sehingga membentuk suatu hasil atau produk yang mendukung pada kualitas kerja yang lebih baik.

3.    Kepercayaan diri 

Perasaan yakin yang dimiliki karyawan terhadap kemampuan dirinya. Daya berpikir positif dalam menghadapi kenyataan yang terjadi serta bertanggung jawab atas keputusan yang dapat diambil sehingga dapat menyelesaikan masalahnya dengan tenang.

4.    Daya tahan terhadap tekanan 

Reaksi karyawan terhadap pengalaman emosional yang tidak menyenangkan yang dirasakan sebagai ancaman atau sebab adanya ketidak-seimbangan antara tuntutan dan kemauan yang dimiliki, dan tekanan tersebut diselesaikan dengan cara tersendiri yang khas bagi masing-masing individu.

5.    Tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan 

Suatu kesadaran pada individu untuk melaksanakan kewajiban atau pekerjaan, diiringi rasa keberanian menerima segala risiko, inisiatif yang besar dalam menghadapi kesulitan terhadap pekerjaan dan dorongan yang besar untuk menyelesaikan apa yang harus dan patut diselesaikan.

Asas-asas Motivasi Kerja 

Menurut Hasibuan (2013), asas motivasi kerja terdiri dari asas mengikutsertakan, komunikasi, pengakuan, wewenang yang didelegasikan dan perhatian timbal balik. Adapun penjelasan asas-asal motivasi kerja adalah sebagai berikut:

1.    Asas mengikutsertakan 

Asas mengikutsertakan maksudnya mengajak bawahan untuk ikut berpartisipasi dan memberikan kesempatan kepada mereka mengajukan ide-ide, rekomendasi dalam proses pengambilan keputusan. Dengan cara ini, bawahan merasa ikut bertanggung jawab atas tercapainya tujuan perusahaan sehingga moral dan gairah kerjanya akan meningkat.

2.    Asas komunikasi 

Asas komunikasi maksudnya menginformasikan secara jelas tentang tujuan yang ingin dicapai, cara mengerjakannya, dan kendala yang dihadapi. Dengan asas komunikasi, motivasi kerja bawahan akan meningkat. Sebab semakin banyak seseorang mengetahui suatu soal, semakin besar pula minat dan perhatiannya terhadap hal tersebut. Jika seorang pemimpin secara nyata berikhtiar untuk senantiasa memberikan informasi kepada bawahannya, ia akan berkata, "saya rasa Saudara orang penting, saya hendak memastikan bahwa Saudara mengetahui apa yang sedang terjadi". Dengan cara ini, bawahan akan merasa dihargai dan akan lebih giat bekerja.

3.    Asas pengakuan 

Asas pengakuan maksudnya memberikan penghargaan dan pengakuan yang tepat serta wajar kepada bawahan atas prestasi kerja yang dicapainya. Bawahan akan bekerja keras dan semakin rajin, jika mereka terus-menerus mendapat pengakuan dan kepuasan dari usaha-usahanya. Dalam memberikan pengakuan/pujian kepada bawahan hendaknya dijelaskan bahwa dia patut menerima penghargaan itu, karena prestasi kerja atau jasa-jasa yang diberikannya. Pengakuan dan pujian harus diberikan dengan ikhlas di hadapan umum supaya pengakuan/pujian itu semakin besar.

4.    Asas wewenang yang didelegasikan 

Asas wewenang yang didelegasikan adalah mendelegasikan sebagian wewenang serta kebebasan karyawan untuk mengambil keputusan dan berkreativitas dan melaksanakan tugas-tugas atasan atau manajer. Dalam pendelegasian ini, manajer harus meyakinkan bawahan bahwa karyawan mampu dan dipercaya dapat menyelesaikan tugas-tugas itu dengan baik. Misalnya dengan mengatakan, "Ini suatu pekerjaan, Saudara dapat mengambil keputusan sendiri bagaimana harus melakukannya". Dengan tindakan ini manajer menyatakan secara jelas bahwa bawahan itu cakap dan penting. Asas ini akan memotivasi moral/gairah bekerja bawahan sehingga semakin tinggi antusias.

5.    Asa perhatian timbal balik 

Asas perhatian timbal balik adalah memotivasi bawahan dengan mengemukakan keinginan atau harapan perusahaan di samping berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan bawahan dari perusahaan. Misalnya, manajer minta supaya karyawan meningkatkan prestasi kerjanya sehingga perusahaan memperoleh laba yang lebih banyak. Apabila laba semakin banyak, balas jasa mereka akan dinaikkan. Jadi ada perhatian timbal balik untuk memenuhi keinginan semua pihak. Dengan asas motivasi ini diharapkan prestasi kerja karyawan akan meningkat.

Faktor Pendorong Motivasi Kerja 

Menurut Wibowo (2014), terdapat tiga faktor pendorong utama motivasi kerja, yaitu:

1.      Energize 

Energize adalah yang dilakukan pemimpin ketika mereka menetapkan contoh yang benar, mengkomunikasikan yang jelas dan menantang dengan cara yang tepat. Hal tersebut dilakukan dengan exemplify, communicate dan chalange. 

a.      Exemplify, adalah memotivasi dengan cara memulai memberi contoh yang baik. 

b.  Communicate, merupakan sentral kepemimpinan termasuk bagaimana pemimpin berbicara, mendengar dan belajar. 

c.    Challenge, adalah tantangan yang disukai orang. Pemimpin dapat mencapai tujuan karena menghubungkan tujuan dengan pemenuhan keinginan.

2.    Encourage 

Encourage adalah apa yang dilakukan pemimpin untuk pendukung proses motivasi melalui pemberdayaan, coaching dan penghargaan. Encourage dilakukan dengan cara empower, coach dan recognize

a.   Empower, merupakan proses dimana orang menerima tanggung jawab dan diberi kewenangan untuk melakukan pekerjaannya. 

b.     Coach, merupakan kesempatan bagi pemimpin untuk mengenal bawahannya secara pribadi dan menunjukkan bagaimana dapat membantu pekerja dalam mencapai tujuan pribadi dan organisasi. 

c.   Recognize, alasan tunggal yang paling kuat mengapa orang bekerja, di samping keperluan penghasilan.

 3.    Exhorting 

Exhorting adalah bagaimana pemimpin menciptakan pengalaman berdasarkan pengorbanan dan inspirasi yang menyiapkan landasan dimana motivasi berkembang. Exhorting dilakukan melalui sacrifice dan inspire

a. Sacrifice, suatu ukuran pelayanan yang paling benar dengan menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan kita sendiri. 

b.  Inspire, merupakan  turunan  motivasi, apabila motivasi datang dari dalam maka bentuknya adalah self-inspiration.

Bentuk Motivasi Kerja 

Menurut Siswanto (2005), Pada umumnya bentuk motivasi yang sering dianut perusahaan meliputi empat unsur utama, yaitu kompensasi bentuk uang, pengarahan dan pengendalian, penerapan pola kerja yang efektif, serta kebajikan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1.      Kompensasi bentuk uang 

Salah satu bentuk yang paling sering diberikan kepada tenaga kerja adalah berupa kompensasi. Kompensasi yang diberikan kepada tenaga kerja biasanya berwujud uang. Kompensasi sebagai kekuatan untuk memberi motivasi selalu memiliki reputasi atau nama yang baik, dan memang sudah selayaknya demikian. Meskipun kurang tepat sama sekali bahwa semua orang akan berbuat apa saja untuk meningkatkan pendapatan. Namun, selama beberapa dekade terbukti bahwa hampir semua orang akan berbuat apa saja untuk mencegah agar sumber pendapatan mereka tidak diambil orang lain.

2.      Pengarahan dan pengendalian 

Pengarahan maksudnya menentukan apa yang harus mereka kerjakan atau tidak mereka kerjakan. Sedangkan pengendalian maksudnya menentukan bahwa tenaga kerja harus mengerjakan hal-hal yang telah diinstruksikan. Sebenarnya dua hal tersebut sebagai perangsang telah berkembang dan dianut oleh berbagai perusahaan sejak berabad-abad lamanya. Hingga kini hal tersebut masih digunakan para manajer untuk memotivasi para tenaga kerja. Fungsi pengarahan mencakup berbagai proses operasi standar, pedoman, dan buku panduan, bahkan Management By Objective (MBO)/ manajemen berdasarkan sasaran. Fungsi pengendalian mencakup penilaian kerja, pemeriksaan mutu, dan pengukuran hasil kerja.

3.      Penetapan pola kerja yang efektif 

Pada umumnya, reaksi dari kebosanan kerja akan menghambat produktivitas kerja. Karena manajemen menyadari bahwa masalahnya bersumber pada cara pengaturan pekerjaan, mereka menanggapinya dengan berbagai teknik, beberapa diantaranya efektif dan yang lain kurang efektif. Teknik tersebut, antara lain:

a.  Memperkaya pekerjaan, yaitu penyesuaian tuntutan pekerjaan dengan kemampuan tenaga kerja. 

b.  Manajemen partisipasi, yaitu penggunaan berbagai cara untuk melibatkan pekerja dalam pengambilan keputusan (decision making) yang mempengaruhi pekerjaan mereka. 

c.  Mengalihkan  perhatian  para pekerja  dari pekerjaan yang membosankan kepada instrumen (alat) waktu luang untuk istirahat atau sarana lain yang lebih fantastis.

4.      Kebajikan 

Kebajikan dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan yang diambil dengan sengaja oleh manajemen untuk mempengaruhi sikap atau perasaan para tenaga kerja. Dengan kata lain, kebajikan adalah usaha untuk membuat tenaga kerja bahagia. Tenaga kerja yang tidak bahagia bebas membentuk serikat pekerja, untuk itu manajemen secara resmi perlu melakukan tawar-menawar. Dengan cara ini, usaha untuk membahagiakan para tenaga kerja jauh lebih ditonjolkan daripada sebelumnya. Manajemen tenaga kerja menyadari dan berusaha sungguh-sungguh untuk merangsang dan memelihara sikap positif itu pada setiap kegiatan perusahaan.

 Cara meningkatkan Motivasi Kerja

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan motivasi kerja guru dan kepala sekolah PAUD:

1.  Memberikan dukungan, arahan, serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat guru ³.Beberapa cara kepala sekolah dapat memberikan dukungan guru:

a. Memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap hasil kerja guru ¹.

b. Memberikan ruang untuk berinovasi kepada para guru ¹.

c. Melakukan hal-hal seperti memberikan dukungan, arahan, serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat guru ².

2. Meningkatkan  kemampuan profesional guru dengan memberikan pelatihan dan                      pengembangan diri.

  . Langkah-langkah dalam pengembangan diri (guru) adalah sebagai berikut ¹:

a. Menganalisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan.

b. Menentukan tujuan pelatihan.

c. Melaksanakan program pelatihan dan pengembangan.

 3. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dapat mendukung kinerja guru ⁴.

 Berikut adalah beberapa cara untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif           dapat mendukung kinerja guru: yaitu 

a.        a. Membuat suasana belajar yang menyenangkan .

           b. Menyediakan fasilitas yang memadai  

c.        c. Meningkatkan kualitas hubungan antara guru dan siswa . 

Dampak Tugas dan Fungsi Penilik dalam meningkatkan motivasi kerja

Dampak tugas dan fungsi Penilik dalam meningkatkan motivasi kerja guru tentu dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dapat mendukung kinerja guru dengan cara  1) Membuat suasana belajar yang menyenangkan. 2) Menyediakan fasilitas yang memadai. 3) Meningkatkan kualitas hubungan antara guru dan siswa. 

 

Sumber Pustaka

  1. Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah - ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/346169510_Meningkatkan_Motivasi_Kinerja_Guru_Melalui_Kepala_Sekolah/fulltext/5fbd5140299bf104cf7408dc/Meningkatkan-Motivasi-Kinerja-Guru-Melalui-Kepala-Sekolah.pdf.
  2. Pemberian Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah .... https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/06/16/pemberian-motivasi-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan-mutu-sekolah/.
  3. Cara meningkatkan motivasi guru dalam mengajar. https://karyatulisku.com/5-cara-meningkatkan-motivasi-guru-dalam/.
  4. Upaya meningkatkan motivasi dan kinerja guru - IICET. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/download/250/272.
  5. Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan .... https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2624.
  6. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa .... https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/53976.
  7. Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah - ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/346169510_Meningkatkan_Motivasi_Kinerja_Guru_Melalui_Kepala_Sekolah/fulltext/5fbd5140299bf104cf7408dc/Meningkatkan-Motivasi-Kinerja-Guru-Melalui-Kepala-Sekolah.pdf.
  8. PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN .... https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14613.
  9.  Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah - ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/346169510_Meningkatkan_Motivasi_Kinerja_Guru_Melalui_Kepala_Sekolah/fulltext/5fbd5140299bf104cf7408dc/Meningkatkan-Motivasi-Kinerja-Guru-Melalui-Kepala-Sekolah.pdf.
  10.  Pengembangan Diri (Guru) - Info Kompetensi. https://kompetensi.info/kompetensi-guru/pengembangan-diri-guru.html.
  11. Pentingnya Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. https://www.indonesiana.id/read/153504/pentingnya-pelatihan-untuk-meningkatkan-kompetensi-guru.
  12. Mengembangkan Profesionalisme Guru Dengan Mengikuti Pelatihan - STEKOM. https://stekom.ac.id/artikel/mengembangkan-profesionalisme-guru-dengan-mengikuti-pelatihan
  13. Cara Kepala Sekolah Dapat Memberikan Dukungan Guru - Greelane.com. https://www.greelane.com/id/sumber/untuk-pendidik/suggestions-for-principals-to-provide-teacher-support-3194528/.
  14. Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi ... - ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/363530000_Meningkatkan_Motivasi_Kinerja_Guru_Melalui_Kompetensi_Manajerial_Kepala_Sekolah/fulltext/632149ac873eca0c0086ddef/Meningkatkan-Motivasi-Kinerja-Guru-Melalui-Kompetensi-Manajerial-Kepala-Sekolah.pdf.

 





3 komentar:

  1. Makasih ..sgt menginsipirasi dan memotivasi segenap Kita yg adalah Penilik... Bu

    BalasHapus
  2. Terimakasih pak sangat menginspirasi saya selaku penilik PAUD di kabupaten Bulungan Kalimantan Utara

    BalasHapus
  3. Trimakasih pak sudah berbagi pengetahuan sangat termotivasi dan menginspirasi 👍

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca