Selamat dan Sukses Hari Bloger Nasional ke 16 ,Tanggal 27 Oktober 2023, Supportive – Working hard – Loving m regoly career – Leadership qualities – Personality – An ability to sell products – Disciplined – Getting along with people

Senin, 03 Desember 2018

DARI MANA REFERENSI DALAM MEMBUAT PENGEMBANGAN PROFESI

by arifnasdianto


Sebuah laporan hasil pemantauan dan penilaian dapat juga dijadikan referensi dalam membuat karya nyata/pengembangan profesi. Untuk itu kawan kawan permudahdiri kita dlm melaksanakan tusi penilik. Secara emperis Tusi kita sangat berat. Tapi jika dipraktekan secara bertahap tusi kita saling berkaitan antara tusi satu dgn tusi lainnya dan mudah dilaksanakan dan dipraktekkan.

Tahukah... kita bahwa tusi mulai perencanaan, pemantauan, penilaian, bimbingan dan laporan adalah sebagai mata rantai pekerjaan penilik yg saling berhubungan. Memang terkadang kita akan dibingungkan dengan pelaksanaan tusi jika potong kompas. Artinya pekerjaan itu tidak berawalan atau tanpa rencana.

Uraian di atas menjelaskan bahwa penilik dlm melaksanakan tusinya memilih pada posisi tengah. Contohnya penilik langsung melaksanakan penilaian atau pembimbingan. Menurut saya ini bisa juga dilaksanakan tetapi kurang dapat dipertanggungjawabkan dlm rangka peningkatan mutu program sebuah satuan pendidikan.

Dari penjelasan di atas mutu program paud dikmas akan terkesan klise, dapat dilihat tapi samar samar dan gelap karena negatif, Artinya secara kualitatif bermutu tinggi tetapi setelah dibedah satuan pendidikan tersebut tidak ada apa apanya karena berawal dari karangan penilik yg dlm pelaksanaan tusinya kurang dapat dipertanggungjawabkan.

Kawan kawan tulisan di atas hanya sebagai wawasan kepenilikan dan pelepas penat setelah saya bekerja dari pagi sampai sore hari. Dan saya selalu membayangkan dan mengingat kawan kawan seprofesi dlm tugas dlm musim kemarau panjang ini...

Salam manis dan sayang buat keluarga
Arifnasdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan pesan yang bermanfaat. Selamat membaca